Install PHP on LINUX

Assalamualaikum,
(Only For Beginer, sory if you are the Profesional)

Hari kita belajar gimana cara install PHP di Linux, kenapa pilih ini solanya dah banyak yang install di windows tapi entar kita bahas yang windows juga ok.
Monggo gak usah lama-lama kita lansung aja. Pertama kali kita bikin direktori untuk menampung file source yang kita install. Ini perintahnya🙂.
mkdir /usr/local/download

Lalu kita isi dengan soruce code untuk diinstall, kalau antum dah punya sourcenya gak perlu langkah-langkah ini.
cd /usr/local/download
ftp ftp.php.net
cd pub/distributions
bin
get php-5.2.0.tar.gz
bye

Saya download yang itu, klo antum pengen download yang versi terbaru ya silahkan.🙂
cd /usr/local/download

Klo udah di downlod tinggal extract aja dengan perintah sebagai berikut:
tar xzf php-5.2.0.tar.gz -C ../etc

Command di atas akan menginstall PHP dari direktori download ke direktori /usr/local/etc/
Langkah selanjutnya kita compile source codenya, dengan perintah dibawah ini.
./configure -with-apache=../httpd -with-config-file-path=/www/conf -enable-track-vars

sekarang bikin executable dengan perintah berikut
make

akan membutuhkan beberapa detik, klo udah keluar prompt lagi ketik perintah ini.
make install

sekarang kita harus menambahkan php module ke apche dengan dara berikut:
masuk ke folder dibawah ini.
cd ../httpd

lalu
./config.status -activate-module=src/modules/php5/libphp5.a

kemudian
make

kemudian matikan apachenya trus install binari lagi, hehe ini biar server web kita lancar and stabil gitu
bin/apachectl stop
make install
restart apache now
bin/apachectl start

masuk ke direktori php lalu copy, seperti dibawah ini.
cd ../php
cp php5.ini-dist /www/conf/php5ini

rename php5.ini-dist menjadi php5.ini

OK🙂
Do you think we are done with PHP installation on Linux? well, fortunately yes.. we are … now you can make a test page with
< ?php echo “PHP ! I’m gonna get you..”; ?>
and browse this page if you see what you wrote your php is working fine otherwise it has some problem, test all the steps again and if still stuck with it ask for help here

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: