Japanese Slang

“kono koto shitteru no?”
Dulu kalau saya ditanya pakai kalimat seperti itu, saya pasti bingung, artinya apa ya? Masalahnya kalau dulu di gakkoo saya di ajari untuk pakai bahasa yang sopan terus.
“kono koto o shitte imasu ka?”


Dari temen2 saya itu saya mulai tahu kalau ternyata di Jepang kebanyakan orang berkomunikasi memakai hanashikotoba ini. Kadang-kadang juga dicampur dengan logat/dialek daerah, malah kalau anak-anak muda juga biasa memasukkan bahasa slang ke pembicaraan mereka. Wah kalau yang itu saya masih susah gimana cara bedainnya. Tapi berikut ini saya coba nulis beberapa kata yang sering dipakai, siapa tau berguna ya. Tolong nanti kalau ada yang salah di koreksi ya, onegaishimasu.

Oosaka-ben:
ookini : arigatou
sindoi : tsukaremasita
sarasu : shimasu
honmani : hontouni / hontoni

Sapporo-ben:
namara : sugoi

Kagawa-ben: (ini saya yang kasih nama^_^ soalnya temen saya asalnya dari kagawaken)
oru : imasu / arimasu

beberapa kata yang “dipendekkan” atau “dimodifikasi”:
ossu / oha : ohayou gozaimasu
sutabaru : starbucks
apo : appointment / yakusoku
maaku / makudo / mac : mc donalds
otsu / otsukare : otsukaresama deshita
sugee : sugoi
yaru : shimasu, agemasu
yatta : dekimashita, owarimashita, shimashita
uzee : urusai
datte- : nazenara, desukara
…datte : …. sou desu

betsuni : tidak juga / bukan apa-apa kok (dipakai ketika orang lain ngucapkan terimakasih ke kita)
baka ja nai? : kamu tuh bodo apa yah? goblok banget sih!
sankyuu : terimakasih (banyak yang nulis 39)
yoshaa : okey, yes, all right, yeah
eeto : mmm…. (berpikir)
ano… : nggg…. (berpikir)
ecchi : pervert (diambil dari “H”-nya hentai yang diucapkan dengan logat Jepang, artinya mengandung sedikit unsur hentai)
ero : pervert (dari kata erotism)
shikatanai : apa boleh buat / nanggung nih
shouganai : apa boleh buat (kadang-kadang bisa berarti “tidak masalah”)
seino : hup (diucapkan misalnya pas ngangkat barang sama-sama untuk beri aba-aba)
dame : tidak boleh, keliru, bad
ichio : anyway… / well…
nandake : apa yah? (dipakai ketika kita lupa dengan nama, atau suatu kata yang dulu pernah kita ingat)
ne : yah (jika intonasi datar/turun. kan ya? (jika intonasi naik)

macem-macem kata yang artinya “saya” dan “kamu”:
watakushi (saya, formal)
watashi
wasshi (biasa dipake orang tua)
atashi (biasa dipake cewek)
boku (biasa dipake cowok)
ore (artinya “gue”)

anata (kamu)
kimi (kamu, intim lebih banyak dipakai oleh cowok ke cewek)
anta (kamu)
omae (elu, atau lo)
temee (lo, ada kesan lebih agresif)

kata-kata yang artinya “iya” dan “tidak”:
hai >< iie
ee >< iya (dibaca iya’)
un (dibaca ng) >< uun (dibaca nngg)

yang dibawah ini saya ambil dari internet:
beberapa penggantian akhiran atau bagian kata
-nai ==> -n
shiranai ==> shiran
wakaranai ==> wakaran
ja nai ==> jan

*) wakaranai ==> wakannai
*) shinjirarenai ==> shinjinnai

-ai –ae -oi ==> ee
wakaranai ==> wakanee
omae ==> omee
sugoi ==> sugee

-h ==> -pp
nihon ==> nippon
yahari ==> yappari

-te iru ==> teru
shite iru ==> shiteru
motte iru ==> motteru

Itu saja dulu ya. Sebenernya masih banyak yang lain. Tapi saya lagi males nih nulisnya. Hontoni tsukaremashita ^_^ Sakki wa sigoto yatta bakari desu kara. Please give comment so I can correct it again.

Sankyuu.

Thank’s to Yohan Sensei from TadotsuGakuen

6 Tanggapan

  1. jgn males dong….qt msh pengen tw lebih byk lagi ttg bhs slang.
    Oshiete itadakemasenka?
    ONEGAISHIMASU!!!

  2. kalok pengen tau lebih banyak, kunjungi blog tadosugakuen.blogspot.com aja, materi ini juga dari sana kok, thanks

  3. kalo “Hontoni miracle wo matteirunda” artinya apa ya?

  4. thanx vo da info

  5. eh tw g??ato punya buku ttg japanese slang
    lg kesulitan cari kajian teori ttg itu
    buat skripsi
    arigatu nee

  6. mampir yan, piye ki kabare, cita-cita mau ke jepang to? kok belajar bahasa jepang terus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: