Mengenal Huruf dalam Bahasa Jepang (2): HIRAGANA

MENGENAL HIRAGANA

Pada pertemuan yang lalu kita telah belajar mengenal tentang Kanji, Hiragana, Katakana dan Romaji.
Kali ini kita akan belajar cara penulisan Hiragana terlebih dahulu.
Untuk lebih jelas tentang Hiragana lihat gambar di bawah ini. Kalo kurang jelas (emang dibuat ga jelas ^^) klik aja pas gambarnya.


Sudah lihat? Yo wis, hehehe. Silakan dipelajari sendiri (^_^)

Gak ding, maksudnya kalau tentang macamnya kan udah dijelaskan kemarin, trus kalau mau tahu jumlahnya silakan hitung sendiri. Yang jelas karakter utamanya cuma 46 huruf, yang lain ga usah dipikir, kan tinggal gabung-gabungkan aja.
Kemudian untuk cara penulisannya sekarang.

Sebenernya untuk menuliskan huruf per huruf itu ada urutannya. Nulis huruf A misalnya, dimulai dari mana dulu, coretan pertama mana, kedua dst. Tapi karena keterbatasan space dan waktu, silakan lihat di buku aja ya, atau nanti kapan2 saya upload lagi urutan menulisnya.

Untuk menuliskan kata, kita cukup menggabungkan huruf per huruf. Misal seperti contoh diatas, WATASHI bisa ditulis dengan menggabungkan huruf WA + TA + SHI.

Oh iya, untuk penulisan Bahasa Jepang sebenernya tidak pernah ada spasi, tapi untuk tahap belajar, biasanya ada buku yang menggunakan spasi antar tiap kata atau menggunakan spasi setelah partikel.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah, di dalam Bahasa Jepang ada konsonan rangkap dan vocal panjang. Ini penting karena beda panjang pendek dan rangkap tidaknya konsonan suatu kata bisa mengubah artinya.

Untuk konsonan rangkap bisa kita tulis dengan menyisipkan huruf TSU kecil. Misalnya, kata KEKKOU ditulis dengan huruf KE + TSU kecil + KO + U (besar huruf TSU kecil –dan huruf kecil YA YU YO atau yang lain– yang paling ideal adalah: tinggi setengah dari huruf besar, jadi ukurannya cuma seperempat huruf besar.

Aturan konsonan rangkap di atas tidak berlaku untuk NN dobel karena dalam Hiragana ada huruf N (dibaca NG), jadi MINNA ditulis MI + N + NA.
Kemudian untuk vocal panjang ada beberapa macam cara penulisan.

Vokal panjang A AA ditulis dengan menambah huruf A
Vokal panjang I II ditulis dengan menambah huruf I
Vokal panjang U UU ditulis dengan menambah huruf U
Vokal panjang E EE / EI ditulis dengan menambah huruf E atau I
Vokal panjang O OO / OU ditulis dengan menambah huruf O atau U

Contohnya kata SENSEI (:guru), sukukata SE yang belakang panjang, bunyi SE panjang-nya diperoleh dengan menambahkan huruf I. Lalu kata ONEESAN (:kakak cewek, untuk orang lain), bunyi NE-nya dipanjangkan dengan menambah huruf E dibelakang NE.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah, untuk masing-masing kata sudah ditentukan cara menulis vocal panjangnya. Misalnya GAKKOU (: sekolah), walaupun ada yang menulis Romaji-nya dengan GAKKOO, tapi tetap saja penulisannya menggunakan GA + TSU kecil + KO + U, U tersebut tidak bisa diganti O walaupun akan sama-sama berbunyi KO panjang. Itu yang perlu hati-hati ya.

Kalau per kata sudah, sekarang kita mulai menulis kalimat. (untuk struktur dan cara penyusunan kalimat, silakan lihat di artikel yang terdahulu).

Intinya untuk penulisan dalam kalimat, tinggal menggabung-gabungkan kata-kata saja. Untuk spasi bisa beri bisa juga tidak (untuk tahap pemula lebih baik diberi spasi tiap kata, agar lebih mudah membacanya). Yang perlu diperhatikan adalah setiap akhir kalimat harus diberi titik / maru (lihat contoh). Kemudian untuk partikel WA, partikel E dan partikel O ditulis dengan menggunakan huruf HA, HE dan WO.

Β Jya mata.

Otsukaresama deshita.

Thank’s to Yohan Sensei From TadotsuGakuen

29 Tanggapan

  1. Ciieee…….bs jepunnya keren bgt ^v^

  2. cuman ngopy, hehehe

  3. boleh ga minta translet lagu sailormoon versi jepang..??

    bales ke e- mail aja, ok..??

    Pliiiiiiiiis banget…

    Arigato gozaimasu…!!

  4. konichiwa……

  5. cara yang bnar N cepat gmn?

  6. Hei…Bahasa Jepangnya Hebat pisan euy…gw pengen belajar donk…!boleh ga…?

  7. haha,,,,,
    minasan……….

    ganbatte desu yo……

    watashiwa

    nihongo wa wakarimasen……….

  8. ohayoo gozaimasu
    hajime mashite
    watashi wa RiNdi desu
    doozo yoroshiku

    gmn si cranya tulis huruf jepang di MW?
    bls ya………

  9. gmn cara x belajar bahasa jepang yoooo….?

  10. halo cemua ajri donkz gue bahasa jepangz biar gue bs bhs jepunk

  11. hei……

  12. wah aku tu kok ga bisa bahasa jepang dengan lancar ya??????????????????????????????????????????

  13. yaAaAa aMpYuNnnnn ….. XiYiN bGt dEeee

  14. aduwwwwwwwwwww kok belajr huruf – huruf hiragana adja cucah ya?

  15. asslm?
    gw suka bahasa jepang pengen cepet bisa apa tricnya?

  16. kok sama sih dengan arikelnya TADOTSU GAKUEN

  17. emang sama, kan udah dikasih artikel sumbernya

  18. sekali-kali bahasa yang dipakai orang2 hk dongs, yaitu china cantonese, ok! hehehe…

  19. hari ggginiii gaxs bisa bahasa jepang soooowhattttt
    tapiiiii emang susah cihhhhh tapi oke wath di pelajari n bikin otak kriting kaya tulisanya

  20. seterrah yang pasti B JEPANG tuch susah

  21. kk

    lagu lagu jepang nya mana ??

    w ada tugas nih..

    [liss ada in

    lagu jepang sama hiragana nya…

  22. lagu lagunya udah bnyak di internet, cari dan download aja ya, untuk liricnya juga banyakπŸ˜€

  23. coba cari di di http://j-music-pop.blogspot.com untuk lagu jepangnya

  24. thank’s bGtzZ yupsS foR inFo
    Arigato Gozaimasu……!

  25. ζ—₯本θͺžγ―γƒ‘γƒγƒ£γƒ‘γƒγƒ£ι›£γ—γ„γ‚ˆο½žγ§γ‚‚γ€ζ₯½γ—γ„ο½ž
    ι ‘εΌ΅γ‚Œγ°γ€ζ—₯本θͺžγ‚’γœγ£γŸγ„γ§γγ‚‹γ‚ˆο½ž
    毎ζ—₯γ€ε‹‰εΌ·γ—γ¦δΈ‹γ•γ„ο½ž

  26. wah keren.
    klo bisa tolong di upload terus dong.

  27. q suka bahsa jepang. Apapun yang menyangkut bahasa jepang q suka

  28. Haji memasithe watashiwa ..
    riezka ayu pratiwi desu ..
    reizka too mushi massh ..
    dozo yurisiku onegaisimush ..
    arigato ..
    sayonara …

  29. aku ora paham…
    hhe…
    piisssss………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: