Mengenal Huruf dalam Bahasa Jepang (3): KATAKANA

Setelah mempelajari Hiragana pada pertemuan sebelumnya, kali ini kita akan belajar Katakana. Kalau minasan lihat bagan Katakana, sebenernya Katakana tuh cenderung lebih simple daripada Hiragana. Karakter hurufnya cederung kaku dan mudah ditulis, tidak melengkung atau berkelok-kelok seperti Hiragana.

Tapi nyatanya siswa tingkat dasar lebih susah mengingat Katakana dibadingkan Hiragana. Mungkin karena dalam pelajaran, Huruf Hiragana lebih sering muncul daripada Katakana.

Pada dasarnya Katakana juga terdiri dari 46 karakter utama (walaupun WO jarang sekali digunakan, jadi bisa dianggap cuma 45^^). Ada juga penambahan tenten, maru, dan YA YU YO kecil untuk karakter YOON. Selain itu ada beberapa penambahan kombinasi huruf yang lazim dipakai untuk mengadopsi bunyi-bunyi dari bahasa asing. Misalnya FA diperoleh dengan menggabungkan FU dan A kecil. Huruf yang didepan diambil konsonannya, dan yang dibelakang diambil bunyi vokalnya.

Untuk konsonan rangkap, aturannya sama dengan Hiragana. Ditulis dengan menyisipkan TSU kecil (dalam hal ini TSU kecil Katakana) kecuali NN yang memang menpunyai huruf N sendiri.Untuk vocal panjang, aturan Katakana lebih mudah, yaitu tinggal menambahkan SEN atau garis mendatar untuk vocal panjang A I U E maupun O. Jadi lebih praktis kan ya.

Yang agak memerlukan pemahaman adalah, walaupun orang Jepang menggunakan Katakana untuk menuliskan bahasa serapan, tapi kata asing tersebut terlebih dahulu di-alihbunyikan menggunakan logat bahasa Jepang. Walaupun mereka ada yang bisa mengucapkannya kata asing mirip aslinya, tapi mereka lebih suka mengucapkan kata asing menggunakan logat Jepang. Misalnya kata SOCCER di ucapkan menjadi SAKKAA. TELEVISION diambil yang depan saja menjadi TEREBI (V=B), TELEPHONE CARD menjadi TEREHON KAADO (L=R) dst. Makanya nama MILA jika diucapkan dalam dengan logat Jepang menjadi MIRA, FIRMAN menjadi FIRUMAN dst. Kalo udah begini, kelihatan kalau orang Jepang tuh suka semena-mena yak, hehehe.

ASAL KATA BAHASA JEPANG
DEPARTEMENT STORE DEPAATO (huruf R jadi bunyi panjang)
APARTMENT APAATO
SOFTWARE SOFUTO / SOFUTOWEA
RADIO RAJIO
SHIRT SHATSU
MILK MIRUKU (L=R, vokalnya diambilkan U)
ADVISE ADOBAISU (V=B)
SHARP PENCIL SHAAPUPENSHIRU
DUCTH DOITSU
AMERIKA AMERIKA (bunyi E tetap E)
SEMARANG SUMARAN (bunyi E* menjadi U)
KERJA KURUJA
RAHMAT RAMAT / RAAMAT / RAFUMAT
TRIWAHYONO TORIWAHIYONO
ANDRI ANDORI
GEORGE JOOJI
FIKRI FIKURI
DRAJAT DORAJAT

Ok. Dari penjelasan di atas, minasan sekarang bisa mulai menulis nama masing-masing.

Ingat, karena nama Anda termasuk bahasa asing bagi orang Jepang, maka harus di adopsi ke logat Jepang terlebih dahulu kemudian ditulis dengan Katakana (buka Hiragana lho ya). Jya selamat mencoba. Kalau minasan butuh ngecek tulisannya bener ataw salah, kirimkan tulisan Romaji dan Katakana yang telah Anda buat ke saya. Karena e-mail di Yahoo! Tidak bisa baca encoding Jepang, maka tolong kirim denga format gambar (jpg/gif) saja. Kalau Anda tidak mempunyai software untuk nulis Jepang, pakai tulisan tangan, kemudian di scan juga bisa. Ga akan saya marahin kok. Hehehehe.

Jya, ganbatte ne! Goodluck!

Thank’s to Yohan Sensei From TadotsuGakuen

10 Tanggapan

  1. boLeh naNya ya..
    gimaNa cara nuLis:

    1. Mike Miller
    2. Watt
    3. Smith
    4. Gupta

    dalam huruf Katakana???

    tolong dijawab yaa…

    makasih..
    🙂

  2. gimana cara nulis cynthia vera nugroho dalam katakana?

  3. mana sofware nya

  4. hmm kalo fitri gmn?

  5. bagaimana cara nulis “bangkit” dalam huruf katakana????

  6. duh ternyata susah banget yah belajar bahasa jepang…lier banget ey,,,,,,,,,,,,,

  7. sebenernya udah naex tapi yang aku gak suka itu gambarnya terlalu kecil jadi klomau di lihat perlu di zoom dulu n klo di zoom gambarnya jadi jelek(bureng)

  8. oi konnichiwa ………………………………..!!!

  9. mas gimana langkah2 nulis katakana, klo hiragana sudah tau. ありがとうございます

  10. […] Mengenal Huruf dalam Bahasa Jepang (3): KATAKANA Posted on Februari 14, 2008 by yanuperwira […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: