Understanding Spring Packaging

Understanding Spring Packaging

Belajar Spring udah selesai biar gak lupa and biar tambah nyantholl ilmunya wehii-wehii, Yuuk kita simpulkan apa yang perlu kita ketahui tentang spring ini. Yang jelas untuk menggunakan Spring silahkan download dulu di http://www.springframework.org/download hehe.

The Full Distribution
Pasti setalah kita downlod anda agak bingung ternyata cuma ada satu file .jar, nah emang itu adalah framework yang akan kita pakek. Tim pembuat framework Spring sendiri menjadikan berbagai macam modul-modul class yang dijadikan satu paket. Jika kita mendevelop menggunakan Eclipse dan Neatbeans, hehe jangan kuatir karena tiap method dan class yang ada akan tampil. Huuh inilah yang bikin seneng waktu coding gak perlu lagi baca dokumentasi classnya hihi. Trus yang jelas lagi kita gak bisa menambahkan Class dalam framework ini. Yah mungkin ide yang bagus dari Tim Spring sendiri jadi ketika kita bikin Aplikasi tidak menodai struktur framework yang ada hehe.

The Component Distributions
Dalam spring.jar nanti akan muncul 8 jenis class, yang terdiri dari 1 class tiruan(atau uji coba) bahasa kerennya itu mock classes, hehe. Dan 7 class yang berdiri sendiri, yah istilahnya komponen yang ada. Nah ini nanti yang akan kita bahas dibawah soalnya penting banget.
Nah 7 jenis komponen class itu adalah :
1. spring-aop.jar
Komponen ini digunakan bila kita membutuhkan Spring AOP feature(bila gak jelas tentang AOP boleh Google dulu sebentar, soalnya terlalu panjang untuk dibahas disini sory yak, hehe). Yang jelas anda akan membutuhkan komponen ini bila kita menggunkan AOP dalam merencanakan pembangunan aplikasi kita. Yah seperti memanagement deklarasi transaksi kita(klo bingung tolong diplajari sendiri aja, yak).
2. spring-context.jar
Untuk kebutuhan membuat EJB, JNDI, and mail integration
3. spring-core.jar
Nah ini adalah file yang dibutuhkan segala aplikasi yang kita buat. Karena ini adalah inti dari Spring Framework.
4. spring-dao.jar
Untuk database DAO suport, pokoke for accessing data using JDBC and Spring’s transaction abstraction layer.(walah)
5. spring-mock.jar
Buat testing aplikasi(coba ada explor dulu spring nanti akan tau kegunaanya class ini)
6. spring-orm.jar
This JAR extends Spring’s standard DAO feature set with support for Hibernate, iBATIS and JDO.(sebenernya ane pengen nulis blog pakek bahasa inggris semua, sekalian belajar wahaha)
7. spring-web.jar
Digunakan untuk Web Aplikasi
8. spring-webmvc.jar
Nah ini klo kita bikin web yang berdasarkan framework MVC, ternyata Spring support juga. Klo yang belum paham MVC Google ya soalnya banyak banget penjalasannya dari pada ane yang jelasin malah gak dong klo di wiki dijelasin sampek detail dijamin jelas dah

Saya rasa ini yang perlu kita tahu tentang struktur spring sekarang tinggal belajar penggunaanya dan latihan sana-sini udah deh selesai, Spring Ready to use, haha😀

Thank’s to Mamat Zone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: