Friendster Overlay Layout

pelajaran gmn cara membuat overlay layout pada friendster Baca lebih lanjut

Iklan

gimana cara manggil orang lain pake bahasa jepang?

Ada beberapa cara untuk memanggil orang lain dalam Bahasa Jepang. Cara memanggil tersebut dipengaruhi tingkat kedekatan/keakraban dengan lawan bicara, faktor usia, kedudukan dalam suatu organisasi, dan senioritas.
Secara umum ada beberapa kata yang bisa ditambahkan di belakang nama seseorang.
1. SAN
Bisa diartikan Saudari, Saudari, Bapak, Ibu, Tuan, Nyonya, Nona dsb. Kita bisa menambahkan SAN pada nama orang lain baik laki-laki maupun perempuan untuk memberi kesan kita menghormati dia. MIRA-san = saudara MIRA, YAMADA-san = tuan YAMADA dsb.
Baca lebih lanjut

PERUBAHAN BENTUK KATA KERJA (1)

Tentang Bentuk MASU, Bentuk KAMUS, Bentuk TE, Bentuk NAI dan Bentuk TA

Minasan genki desu ka. Nihongo wa dou deshita ka. Jyouzu ni narimashita ka ^^
Kali ini kita akan belajar perubahan bentuk kata kerja.
Salah satu keunikan Bahasa Jepang adalah karena kata kerja-nya bisa diubah ke dalam berbagai bentuk sesuai pola dan arti yang diinginkan. Sampai saat ini kita hanya mengenal tiga bentuk yaitu:
Baca lebih lanjut

Mengenal Huruf dalam Bahasa Jepang (3): KATAKANA

Setelah mempelajari Hiragana pada pertemuan sebelumnya, kali ini kita akan belajar Katakana. Kalau minasan lihat bagan Katakana, sebenernya Katakana tuh cenderung lebih simple daripada Hiragana. Karakter hurufnya cederung kaku dan mudah ditulis, tidak melengkung atau berkelok-kelok seperti Hiragana.

Tapi nyatanya siswa tingkat dasar lebih susah mengingat Katakana dibadingkan Hiragana. Mungkin karena dalam pelajaran, Huruf Hiragana lebih sering muncul daripada Katakana.
Baca lebih lanjut

Mengenal Huruf dalam Bahasa Jepang (2): HIRAGANA

MENGENAL HIRAGANA

Pada pertemuan yang lalu kita telah belajar mengenal tentang Kanji, Hiragana, Katakana dan Romaji.
Kali ini kita akan belajar cara penulisan Hiragana terlebih dahulu.
Untuk lebih jelas tentang Hiragana lihat gambar di bawah ini. Kalo kurang jelas (emang dibuat ga jelas ^^) klik aja pas gambarnya.

Baca lebih lanjut

Mengenal Huruf dalam Bahasa Jepang (1)

Kali ini kita akan mempelajari huruf / aksara yang dipakai dalam penulisan Bahasa Jepang. Minasan sudah tahu? Pernah belajar?


Baca lebih lanjut

Japanese Slang

“kono koto shitteru no?”
Dulu kalau saya ditanya pakai kalimat seperti itu, saya pasti bingung, artinya apa ya? Masalahnya kalau dulu di gakkoo saya di ajari untuk pakai bahasa yang sopan terus.
“kono koto o shitte imasu ka?”

Baca lebih lanjut